VIKING BATAM

by - Rabu, Juli 24, 2013

Sejarah Viking Distrik Batam
Berawal dari kumpul biasa para pemuda asli daerah Jawa Barat yg merantau di Pulau Batam untuk bekerja yang juga sama-sama penggemar tim sepak bola asal Bandung, Jawa barat, PERSIB, maka tercetuslah ide untuk membentuk Viking Distrik Batam sebagai wadah silaturahmi dan berbagai informasi mengenai PERSIB. Seiring berjalan waktu, satu persatu anggota yg didominasi oleh orang Sunda yg bekerja di Kota Batam mulai gabung dan kumpul bareng, sehingga pada tanggal 14 Februari 2010 dideklarasikan terbentuklah Viking Batam di Perum Puri Agung 2A Blok F No. 26 Tanjung Piayu-Muka Kuning, Batam. Dihadiri oleh 48 anggota.
Setelah terbentuknya Viking Batam, kegiatan rutin “barudak” adalah nobar (nonton bareng bila ada pertandingan PERSIB) yang sebelumnya dimulai dengan konvoi dari Stadion Temenggung Abdul Jamal, selain itu kegiatan sosial pun aktif dilaksanakan seperti pemberian sumbangan kepada korban kebakaran kampung Seraya, di kota Batam 2010 silam. Selain itu donor darah, ucapan bela sungkawa untuk alm. Rangga (bobotoh korban Tragedi GBK) dan kegiatan sosial lainnya rutin dilaksanakan, agenda rutin lainnya selain nobar adalah ghatering, buka puasa bersama saat Ramadhan, futsal dan Funday.
Setelah berjalan 3 bulan, terbesitlah ide dari pengurus untuk mendapat pengakuan/legalitas langsung dari Viking Pusat dengan mengadakan agenda “Peresmian Viking Batam” yang akan dilangsungkan bersamaan dengan Friendly Match, PERSIB All Star VS PS Batam, sekaligus mengundang Pak Heru Joko selaku Ketua Umum VIKING PERSIB CLUB untuk datang langsung meresmikan. Alhamdulillah berkat kerja keras pengurus dan anggota serta beberapa sumbangan dari pihak donator, maka pada tanggal 31 July 2010 diresmikanlah VIKING DISTRIK BATAM di Stadion Temenggung Abdul Jamal, muka Kuning, Batam langsung oleh Pak Heru Joko (Ketum Viking Pusat) di sela-sela pertandingan Persib All Star VS PS Batam. Pada pertandingan tersebut tim PERSIB ALL Star yang dihuni oleh pemain legenda PERSIB seperti Adjat Sudrajat, Encas Tonif, Roy Darwis dan Sujana takluk dengan skor 2-1 dari tim tuan rumah.
Setelah diresmikannya Viking Distrik Batam oleh Viking Pusat, animo masyarakat Sunda di Batam kian menggeliat dengan berbondong mendaftarkan diri menjadi Anggota. Tercatat pada hari H diresmikannya Viking Distrik Batam di Stadion Temenggung Abdul jamal, yg mendaftar hingga 125 orang, dan itu terdiri dari berbagai kalangan dan usia, serta dari berbagai etnis, tidak hanya orang jawa barat saja, ini membuktikan bahwa PERSIB adalah Tim Besar yg dikagumi banyak orang dari berbagai etnis.
Selang setahun kemudian, tepatnya tanggal 24 Juli 2011, PERSIB berkunjung ke Batam atas undangan tim dari Kota Batam PS PALMA dan Viking Batam untuk Exchibition Match dengan PS PALMA. Skuad yg hadir diantaranya, Siswanto, Airlangga, Rahmat Affandi, Gilang Angga Kusuma, M. Agung. Turut hadir untuk kedua kalinya Pak Heru Joko (Ketum Viking Pusat) untuk meresmikan Oroginal Fanshop Viking Distrik Batam yg menjual aksesoris dan merchandise PERSIB/VIKING. Pada pertandingan yg digelar di Stadion Temenggung Abdul Jamal tersebut PERSIB menang telak 4-0 atas tim tuan rumah. (foto dokumentasinya bisa dilihat di halaman Facebook atas nama YOHAN BOBOTOH PERSIB, email : persib_ordie@yahoo.com)
Agenda rutin lainnya adalah, Tour Sumatera, Viking Batam yg tak pernah absen apabila PERSIB bertandang dengan tim dari Sumatera seperti PSPS Pekanbaru, PSMS Medan, Semen Padang dan Sriwijaya FC. Hubungan baik dibina dengan Asykar The King (supporter PSPS Pekanbaru) dan Smeck Hooligan (supporter PSMS Medan) sehingga apabila bertandang ke pekanbaru dan medan, Viking Batam selalu disambut dan dijamu dengan baik. Adapun jumlah anggota Viking Batam yang tercatat dalam data base keanggotaan adala 600 anggota. Baik yg berdomisili di Batam atau di daerah sekitarnya seperti, Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun hingga Pekanbaru.
Dalam kegiatan pun Viking Distrik Batam selalu mendapat support dari “inohong” yang berada di kota Batam atau dari sesepuh Paguyuban Warga Pasundan (PWP) kota Batam juga pemerintah dan pejabat daerah. Viking Batam juga turut serta dalam menciptakan suasana kondusif, aman dan nyaman bagi para warga kota Batam pada khususnya dan wisatawan pada umumnya. Sebagai distrik Viking terluar dan berada di daerah perbatasan (berbatasan langsung dengan Singapore dan Malaysia), Viking Distrik Batam menjadi pionir dalam organisasi yg mewadahi para BOBOTOH di Regional Sumatera dan Kepulaun Riau.

Susunan Pengurus Viking Batam
Pelindung : VIKING PERSIB CLUB PUSAT
Pembina : Nopianto
Gunawan Triyadi
Ryan Hardiansyah
Penasehat : Joko Subagyo
Ketua Viking Batam : Yohan Hadi Setiawan
Panglima Viking Batam : Deni Saparudin
Sekretaris : Andri Saepuloh
Bendahara : Retno
Humas /infokom : Wawan Deswantoro
Divisi Rohani/Keagamaan : Jefri, Ustad Nanang
Divisi Event : Iduy Netral
Divisi Olahraga : Ronald
Divisi Kewirausahaan : Kris Susilo
Divisi Propaganda : Gagan

Nama DistrikVIKING BATAM
Alamat SekretariatPerum Puri Agung 2A Blok F No. 26 Tanjung Piayu-Muka Kuning, Batam
No Tlp-
Websitewww.vikingpersibbatam.webs.com
E-Mail-
Berdiri31 July 2010
KetuaYohan Hadi Setiawan
Jumlah Anggota600 Anggota Terdaftar
MottoDukung Persib Dari Jembatan Barelang
NB-
NB-


You May Also Like

0 komentar

عن أَبِي سَعِيدٍ الْخدْرِيِّ عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم، قَالَ: لَتَتْبَعُنَّ سَنَنَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ، شِبْرًا بِشِبْرٍ، وَذِرَاعًا بِذِرَاعٍ حَتَّى لَوْ دَخَلُوا جُحْرَ ضَبٍّ تَبِعْتُمُوهُمْ قُلْنَا: يَا رَسُولَ اللهِ الْيَهُودَ وَالنَّصَارَى قَالَ: فَمَنْ

"Sungguh diantara kalian akan mengikuti apa-apa yang dilakukan bangsa-bangsa terdahulu, selangkah demi selangkah, sehasta demi sehasta walau pun mereka memasuki lubang biawak kamu akan mengikuti mereka". Diantara para sahabat ada yang bertanya "Ya, Rasululah apakah yang dimaksud (di sini) adalah pemeluk agama Yahudi dan Nashrani ?" Rasulullah menjawab "Siapa lagi (kalau bukan mereka) (HR. Bukhari)