Tuntutlah ilmu meski sampai negri china ( 2 )
Pak, hadits “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina”, riwayatnya bagaimana? Dhaifkah?
Jawaban:
Wa ‘Alaikum Salam wa Rahmatullah wa Barakatuh. Bismillah wal hamdulillah wash shalatu was Salamu ‘Ala Rasulillah wa ‘Ala aalihi wa Ashhabihi wa man waalah, wa ba’d:
Perkataan ini memang sangat terkenal dan sering diulang-ulang para penceramah dan da’i. Shahihkah hadits tersebut?
Dari Anas bin Malik Radhiallahu ‘Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:
اطلبوا العلم ولو بالصين ، فإن طلب العلم فريضة على كل مسلم
“Tuntutlah ilmu walau ke negeri Cina, sesungguhnya menuntut ilmu adalah kewajiban atas setiap muslim.”
Hadits ini diriwayatkan oleh:
- Imam Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman, No. 1664. Dengan sanad: telah mengabarkan kepadaku Abu Abdullah Al Hafizh, telah mengabarkan kepadaku Abul Hasan Ali bin Muhammad bin ‘Uqbah Asy Syaibani, mengabarkan kepadaku Muhammad bin Ali bin ‘Affan, mengabarkan kepadaku Abu Muhammad Al Ashbahani, mengabarkan kepadaku Abu Sa’id bin Ziyad, berkata kepadaku Ja’far bin ‘Amir Al ‘Askari, mereka berdua berkata: telah bercerita kepada kami Al Hasan bin ‘Athiyah dari Abu ‘Atikah, dari Anas bin Malik Radhiallahu ‘Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: ... (lalu disebut hadits di atas)
Lalu, Imam Al Baihaqi mengatakan:
هذا حديث متنه مشهور ، وإسناده ضعيف وقد روي من أوجه ، كلها ضعيف
“Matan hadits ini masyhur, isnadnya dhaif dan telah diriwayatkan berbagai jalur, semuanya dhaif. (Ibid)
- Imam Al Baihaqi dalam Al Madkhal Ila As Sunan Al Kubra, No. 243. Dengan sanad: telah mengabarkan kepadaku Abu Thahir Al Faqih, mengabarkan kepadaku Abu Hamid bin Bilal, berkata kepadaku Ibrahim bin Mas’ud Al Hamdzani, berkata kepaku Al Hasan bin ‘Athiyah Al Qursyi, berkata kepadaku Abu ‘Atikah Al Bashri, dari Anas bin Malik Radhiallahu ‘Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: ... (lalu disebut hadits di atas)
Lalu, Imam Al Baihaqi mengatakan:
هذا حديث متنه مشهور ، وأسانيده ضعيفة ، لا أعرف له إسنادا يثبت بمثله الحديث و الله أعلم
“Matan hadits ini masyhur dan sanad-sanadnya dhaif, saya tidak mengetahui adanya sanad yang kuat sebagaimana hadits ini. Wallahu A’lam.” (Ibid)
- Imam Ibnu Abdil Bar dalam Jami’ Bayan Al ‘Ilmi wa Fadhlihi, No. 12. Mawqi’ Jami’ Al Hadits. Katanya: Aku membaca dihadapan Abul Qasim Khalaf bin Al Qasim bin Sahl, bahwa Abu Bakar bin Al ‘Abbas bin Al Washif Al Abrazi berkata kepadanya di Gaza: bercerita kepadaku Muhammad bin Al Hasan bin Qutaibah, dia berkata: telah berkata kepadaku Al ‘Abbas bin Ismail, telah bercerita kepadaku Al Hasan bin ‘Athiyah, telah berkata kepadaku Tharif bin Sulaiman Abu ‘Atikah, dari Anas bin Malik Radhiallahu ‘Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: ... (lalu disebut hadits di atas)
- Dalam hadits No. 13, dengan sanad: Ya’isy bin Said bin Muhammad Abul Qasim Al Warraq, bercerita kepadaku Qasim bin Ashbagh, telah berkata kepadaku Muhamamd bin Ghalib At Tamtam, berkata kepadaku Al Hasan bin ‘Athiyah Al Bazaz di Kufah, telah berkata kepadaku Abu ‘Athikah, dari Anas bin Malik Radhiallahu ‘Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: ... (lalu disebut hadits di atas)
- Imam Abu Nu’aim dalam Tarikh Ashbahan, 1/262. Mawqi’ Al Warraq
- Imam Khathib Al Baghdadi dalam Tarikh Baghdad, 4/254. Mawqi’ Al Warraq
- Imam Alaudin Al Muttaqi Al Hindi, Kanzul ‘Ummal, No. 28698, dengan lafaz: Tuntutlah ilmu walau ke negeri Cina, sesungguhnya menuntut ilmu wajib atas setiap muslim, sesungguhnya para malaikat meletakkan sayap-sayapnya bagi para penuntut ilmu karena ridha terhadap apa yang mereka tuntut.”
Dengan sanad dari Ahmad bin Abdullah bin Muhammad dari Maslamah bin Al Qasim, dari Ya’qub bin Ishaq Al ‘Asqalani, dari ‘Ubaidillah Al Faryabi, dari Abu Muhammad Az Zuhri, dari Anas bin Malik.
Imam Al Munawi mengatakan, dalam Al Mizan disebutkan bahwa Ya’qub adalah seorang pendusta. Lalu, An Naisaburi, Ibnul Jauzi, dan Adz Dzahabi mengatakan tidak ada yang shahih sanad hadits ini. (Faidhul Qadir Syarh Al Jami’ Ash Shaghir, 1/693. No. 1111. Darul Kutub Al ‘Ilmiyah)
Imam Al ‘Ajluni mengatakan, bahwa hadits ini diriwayatkan oleh Al Baihaqi, Al Khathib, Ibnu Abdil Bar, dan Ad Dailami, dari Anas bin Malik, semuanya dhaif. Bahkan Ibnu Hibban menyatakan Batil. Dan Ibnul Jauzi memasukkannya dalam Al Maudhu’at (kumpulan hadits palsu). Abu Ya’la meriwayatkan dengan lafaz hanya: Tuntutlah ilmu walau ke negri Cina. Juga, Ibnu Abdil Bar meriwayatkan dengan sanad yang di dalamnya terdapat seorang pendusta, lafaznya: Tuntutlah ilmu walau ke negri Cina, sesungguhnya menuntut ilmu wajib atas setiap muslim, sesungguhnya para malaikat meletakkan sayap-sayapnya bagi para penuntut ilmu karena ridha terhadap apa yang mereka tuntut.” (Kasyful Khafa, 1/139. Darul Kutub Al ‘Ilmiyah)
Imam Ibnul Jauzi mengatakan, hadits ini tidak ada yang shahih dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, dan Imam Ibnu Hibban mengatakan hadits ini batil dan tidak ada dasarnya. (Al Maudhu’at, 1/216. Tahqiq dan taqdim oleh; Abdurrahman Muhammad ‘Utsman. Al ‘Allamah Muhammad bin Ali Al Hindi Al Fatani, Tadzkiratul Maudhu’at, Hal. 17)
Syaikh Al Albani mengatakan: batil. (As Silsilah Adh Dhaifah No. 418)
Semua sanad terdapat Al Hasan bin ‘Athiyah dan Abu ‘Atikah. Keduanya rawi yang kedhaifannya parah.
Al Hasan bin ‘Athiyah Al ‘Aufi Al Kufi, dia adalah seorang rawi yang dhaif. Imam Ibnu Abi Hatim mengatakan, aku dengar ayahku mengatakan: dhaiful hadits. (Al Jarh wa Ta’dil, 3/26) Imam Al Munawi juga mendhaifkannya. (Faidhul Qadir, 1/693) Begitu pula yang dikatakan Al Hafizh Ibnu Hajar . (Taqribut Tahzib, 1/206. Darul Maktabah Al ‘Ilmiyah)
Sedangkan Abu ‘Atikah, terjadi perbedaan penulisan namanya di berbagai kitab. Ada yang menyebut Salman, ada juga Sulaiman. Al Hafizh Al Mizzi mengatakan nama aslinya adalah Tharif bin Salman, ada juga yang mengatakan Salman bin Tharif. Seorang Kufi (Penduduk Kufah), ada juga yang menyebutnya Bashri (penduduk Bashrah). Imam Abu Hatim mengatakan: haditsnya hilang. Imam Bukhari mengatakan: munkarul hadits (haditsnya munkar). Imam An Nasa’i mengatakan: laisa bi tsiqah (bukan orang terpercaya). Imam Ad Daruquthni dan lainnya mengatakan: dhaif. (Al Hafizh Al Mizzi, Tahdzibul Kamal, 34/5. Muasasah Ar Risalah. Imam Adz Dzahabi, Mizanul I’tidal, 2/335. No. 3984. Darul Ma’rifah)
Imam Adz Dzahabi juga menyebutkan bahwa para ulama telah ijma’ (aklamasi) atas kedhaifannya. Bahkan As Sulaimani mengatakan, Abu ‘Atikah adalah orang yang dikenal sebagai pemalsu hadits. (Ibid, 4/542)
Imam Ibnu Hibban mengatakan, namanya Tharif bin Sulaiman: munkarul hadits jiddan (haditsnya sangat munkar), dia meriwayatkan hadits dari Anas: tuntutlah ilmu walau ke negeri Cina. (Imam Ibnu Hibban, Al Majruhin, 1/382. Tahqiq: Muhammad Ibrahim Zaid). Imam Ibnu Abdil Bar dalam Jami Bayan Al ‘Ilmi wa Fadhlihi, juga menyebut Tharif bin Sulaiman. Begitu pula dalam Lisanul Mizan, ditulis Tharif bin Sulaiman.
Imam Ibnu Abi Hatim mengatakan, aku bertanya kepada ayahku (Imam Abu Hatim) tentangnya, katanya: haditsnya hilang dan lemah. (Al Jarh wa Ta’dil, 4/494. No. 2169. Dar Ihya At Turats)
Imam Al ‘Uqaili dalam Adh Dhu’afa menyebutkan bahwa Abu ‘Atikah adalah matrukul hadits (haditsnya ditinggalkan). (Al Hafizh Al ‘Uqaili, Adh Dhu’afa Al Kabir, 2/230. Darul Kutub Al ‘Ilmiyah)
Demikian keadaan perkataan tersebut, antara yang menyebutnya dhaif, batil, bahkan tidak ada dasarnya, pada semua sanad dan jalan riwayatnya.
Catatan:
Hadits ini, seandainya shahih tidaklah berarti kewajiban untuk menuntut ilmu ke negeri Cina, sebagaimana zahirnya. Cina hanyalah contoh saja. Secara esensi, maksudnya adalah Islam menganjurkan menuntut ilmu walau di negeri yang amat jauh. Imam Al Munawi memberikan komentar terhadap redaksi hadits ini, sebagai berikut:
أي ولو كان إنما يمكن تحصيله بالرحلة إلى مكان بعيد جدا كمدينة الصين فإن من لم يصبر على مشقة التعلم بقي عمره في عماية الجهالة ومن صبر عليها آل عمره إلى عز الدنيا والآخرة
“Yaitu walau untuk mendapatkan ilmu paling mungkin hanya dengan mengadakan perjalanan ke tempat yang sangat jauh seperti negeri Cina. Maka, sesungguhnya siapa saja yang tidak bersabar atas kesulitan menuntut ilmu, maka sisa umurnya berada dalam kebutaan dan kebodohan, dan siapa saja yang mampu bersabar atas hal itu, maka akan membawa usianya pada kemuliaan dunia dan akhirat.” (Faidhul Qadir, 1/692)
Tetapi, nyatanya hadits ini dhaif, batil, dan –kata Ibnu Hibban- tidak ada dasarnya. Walau pun demikian, Islam adalah agama yang sangat memuliakan ilmu, menuntut ilmu, dan ahli ilmu. Banyak sekali ayat dan hadits-hadits shahih yang menegaskan hal itu.
Wallahu A’lam
Farid Nu’man Hasan
SB : www.islamedia.web.id/
0 komentar